Viral, Kepala Desa di Blitar Bantu Ibu Melahirkan di Tepi Jalan

Baru-baru ini seorang kepala desa bernama Chusana Churori mendadak viral dan menjadi trending topic. Mencuatnya Churori, Kepala Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar ini lantaran kesigapannya dalam memberikan pertolongan kepada seorang ibu yang melahirkan di tepi jalan desa setempat.


Meski tak memiliki riwayat sebagai ahli medis, Churori dengan sigap memberikan pertolongan kepada Ibu yang diketahui bernama Siti Aminah.

Dalam proses kelahiran darurat itu, anak berhasil lahir dengan selamat dan sehat. Begitu juga dengan ibunya.

Informasi yang dihimpun BLITARTIMES, peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (23/6/2020) sore. Saat itu Siti Aminah dan Sunyoto suaminya yang merupakan warga Desa Kendalrejo Kecamatan Talun hendak ke rumah bidan desa Kendalrejo untuk memeriksakan kandungan. Namun bidan desa ternyata sedang ada tugas luar.

Setelah bidan desa Kendalrejo tidak ada di tempat, Sunyoto berinisiatif membawa istrinya ke bidan desa Pasirharjo yang jaraknya memang berdekatan.

“Bu bidan Pasirharjo ternyata tidak berada di rumah juga. Mereka lalu datang ke rumah saya, ya memang rumah bu bidan dengan rumah saya kebetulan bersebelahan. Mereka ke rumah saya hendak minta nomor hp bu bidan,” papar Chusana, Rabu (24/6/2020).

Setiba di rumah Kades Pasirharjo, si ibu sudah seperti menahan rasa sakit. Kemudian  mereka bersama-sama berjalan menuju rumah bidan untuk memastikan keberadaanya.

“Belum juga sampai di rumah bu bidan, si ibu ini sudah berteriak kesakitan. Pada waktu itu di sana ada empat orang, yakni saya, ibu yang melahirkan, suaminya dan seorang pemilik toko di dekat situ. Karena semua tidak berani menolong dan saat itu ketuban sudah pecah dan kepala bayi sudah kelihatan akhirnya saya beranikan untuk menolong proses persalinan," paparnya.

Proses persalinan berjalan dengan lancar. Chusana dibantu istrinya dan memanggil seorang tetangga yang kebetulan bekerja sebagai petugas medis. Si jabang bayi lahir dengan selamat, dia berjenis kelamin laki-laki. Dengan sigap, orang nomor satu di Desa Pasirharjo mengambil selimut untuk menghangatkan tubuh bayi.

"Bayi itu lahir dengan selamat, plasenta masih nempel di ibunya langsung saya selimuti. Baru setelah petugas medis datang dibantu untuk mengeluarkan," terangnya.

setelah kejadian ini. Banyak orang yang menanyakan keberadaan ibu bidan saat kondisi darurat. Dia menjelaskan, saat ditelepon bidan desa Pasirharjo saat itu sedang berada di Udanawu untuk mengantarkan anaknya.

“Banyak sekali yang tanya, kok tidak ditolong ibu bidan. Saya jawab, bu bidan ini saat itu sedang melaksanakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Dia mengantar anaknya," pungkasnya.

Kabar terkini, Siti Aminah dan jabang bayinya yang berjenis kelami laki-laki saat ini dalam kondisi sehat dan telah mendapatan pertolongan medis.

Sumber : jatimtimes.com

0 Response to "Viral, Kepala Desa di Blitar Bantu Ibu Melahirkan di Tepi Jalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel